Kebahagiaan Menurut Perspektif Psikologi Islam

 Dokumentasi Q-Class || Sabtu, 04 Maret 2023




Sedikit informasi, Q-Class ini merupakan event yang diselenggarakan oleh Qur'anic Psychology (@QPsy) bekerjasama dengan beberapa partner salah satunya yaitu Cerdas Mulia Institute. Event ini bertema "Nuorishing Your Mental Health With Qur'an" yang menyajikan empat narasumber dengan judul materi yang berbeda-beda. Kegiatan ini berbayar guys, ada pilihan paket individu atau eksklusif, dan ada harga bundling juga yang tentu harganya sangat terjangkau. So, karena ada empat narsum, maka webinarnya pun dilakukan empat kali yaitu selama dua minggu pada hari Sabtu-Minggu pukul 15.30 s.d 17.30 WIB.

Oke deh, itu aja informasi terkait acaranya.

Di tahun ini saya insyaAllah berniat untuk mendokumentasikan kegiatan seperti webinar ataupun pelatihan yang saya ikuti dengan menuliskannya seperti ini. Why? tentu biar tidak lupa hehee.

Review Materi 1 by: Bagus Kuncoro
Berdasarkan Teori The Alchemy of Happiness karya Imam Al Ghazali:

4 Hakekat Meraih Kebahagiaan:

  • Mengenal diri sendiri
  • Mengenal Allah
  • Mengenal dunia
  • Mengenal dunia akhirat
4 metapora dilihat dari sumber kebahagiaan menurut Imam Al-Ghazali:
  1. Manusia hewan ternak - meletakkan tujuan kebahagiaan hanya untuk kesenangan dunia saja. Contohnya seperti makan, minum, berdandan, nonton.
  2. Manusia hewan buas - meletakkan tujuan kebahagiaan untuk berada dipuncak menjadi seperti penguasa, menjadi nomor satu agar dapat menjajah yang lain
  3. Manusia iblis - meletakkan tujuan kebahagiaan saat berhasil mencapai sesuatu yang diinginkan dengan menghalalkan berbagai cara
  4. Manusia malaikat - meletakkan tujuan kebahagiaan bukan pada capaian2 di dunia saja melainkan memikirkan untuk capaian akhirat. Inilah manusia ideal.
Note:
Bukan berarti gak boleh makan minum, punya mimpi atau ambisi, dan hal2 yang ingin kita capai di dunia ya. Boleh banget, asal jangan berlebihan dengan menghalalkan berbagai cara untuk sampai pada tujuan tsb. Apalagi sampai menjadikan itu semua sebagai tujuan akhir/utama kita.
Saya sendiri sepertinya masih ada ditahap mengenal diri sendiri :smiling_face_with_tear:

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar