Keep Going - Austin Kleon #Bagian 1


Buku: Keep Going

Penulis: Austin Kleon

Penerjemah: Nuraini Mastura

Penerbit: Noura Books


#1 SETIAP HARI ADALAH GROUNDHOG DAY

Belum mulai masuk pembahasan bagian satu, judul kalimat pembukanya membuat aku berdecak kagum berbunyi seperti ini "Aku menulis buku ini karena aku butuh membacanya." Dalam bahasannya tersebut Austin Kleon bahkan membuat diagram perihal buku yang ingin dibaca dengan dua pilihan. Jika buku tersebut ada, maka kita harus membacanya, namun jika buku yang ingin kita baca belum ada, maka kita bisa menulisnya. Seperti yang Austin Kleon lakukan dengan menuliskan buku-bukunya tersebut karena Ia butuh membacanya. Entah kenapa hal itu membuatku senang.

Anw, pada bagian satu ini menurutku Autin Kleon seperti ingin menyadarkan diri kita (pembaca) untuk lebih memaknai setiap hari yang dilewati. Lakukan yang terbaik hari ini, lupakan kegagalan atau kesalahan di hari kemarin, karena diri kita sedang hidup menjalani hari ini. Selamat menciptakan kenangan bahagia hari ini!

Salah satu kalimat dalam buku ini yang aku suka berbunyi seperti ini:

"Kehidupan adalah sebuah seni, bukan ilmu sains. Jarak tempuh kalian mungkin bervariasi. Teruslah bergerak dan jaga dirimu baik-baik."

Kalimat tersebut seakan memberitahu kita bahwa jalan sukses masing-masing orang berbeda, ada yang sudah memperolehnya kemarin atau hari ini, dan ada pula yang sama sekali belum meraihnya. Masing-masing kita memiliki masanya sendiri, tinggal menunggu saatnya kapan jarak tempuh yang panjang itu berhasil terlewati.

Buku ini pun dihiasi oleh beberapa quote inspirasional dari tokoh-tokoh yang aku sendiri kurang familiar dengan nama-namanya, namun pastilah mereka orang yang inspiratif. Salah satunya dari Laurie Anderson yang mengatakan "Tak satupun dari kita tahu apa yang akan terjadi. Jangan habiskan waktu mencemaskannya. Ciptakan hal terindah yang kamu bisa. Coba lakukan itu setiap hari. Itu saja."

.

.

.

Beruntung aku menemukan buku ini yang memberi aku perasaan semangat saat membacanya. Oke, bagian satu ini aku tutup dengan salah satu kalimat dalam buku ini yang juga aku suka :D

"Setiap hari diciptakan dari awal. Hal yang bisa kita kendalikan adalah cara kita menghabiskan hari-hari kita. Apa yang kita kerjakan dan seberapa keras kita mengerjakannya."


Reactions

Posting Komentar

0 Komentar